1.1 TUJUAN
PENULISAN DOKUMEN
Dokumen SKPL (Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak) ini dibuat untuk
tujuan sebagai berikut:
a.
Dapat
mempermudah proses pencarian dan peminjaman inventaris asset atau barang di
lingkungan Universitas Sahid Surakarta.
b. Memudahkan dalam mengakses informasi persedian inventaris
asset atau barang yang dipinjam dan pengembalian oleh mahasiswa, dosen dan
Staff Universitas Sahid Surakarta, maupun penambahan asset atau barang.
c.
Mengelola
data peminjam dan informasi yang berhubungan dengan bagian umum dan rumah
tangga di Universitas Sahid Surakarta.
Adapun pihak-pihak yang berkepentingan dan berhak menggunakan dokumen SKPL
ini adalah:
a.
Tim
IT sebagai pengembang aplikasi.
Tim IT
akanmenggunakan dokumen SKPL ini sebagai acuan dan pedoman dalam mengembangkan
aplikasi Sistem Informasi Invetaris Asset dan Barang.
b. Bagian umum dan rumah tangga Universitas Sahid Surakarta
sebagai pengguna aplikasi.
Bagian umum dan
rumah tangga akan menggunakan dokumen SKPL ini untuk melakukan pengecekkan atau
validasi terhadap kebutuhan-kebutuhan user, yang akan diimplementasikan oleh
pengembang
1.2 LINGKUP
MASALAH
Bagian
umum dan rumah tangga sebagai bagian dari Universitas Sahid Surakarta yang
memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengelola data inventaris aset dan
barang. Untuk memudah proses pengelolaan inventaris aset dan barang dibuatlah
Perangkat Lunak yang diberi nama sebagai Sistem Informasi Inventaris Asset dan
Barang. Sistem Informasi ini dirasa perlu demi mempermudah dalam pengelolaan
inventaris aset dan barang.
1.3 DEFINISI
Definisi - definisi dari istilah yang digunakan dalam dokumen ini diantaranya:
SKPL :Spesifikasi kebutuhan
perangkat lunak
ID Asset : Nomor
asset atau barang
Database : Basis data, tempat
penyimpanan data –data yang berhubungan dengan Perangkat Lunak
ID User : Nomor identitas
pemimjam asset atau barang
1.4 REFERENSI
Daftar sumber yang digunakan sebagai acuan atau rujukan dalam penyusunan
dokumen ini, sebagai berikut:
a. SRS Dikti.
1.5 DESKRIPSI
UMUM DOKUMEN
Dokumen SKPL ini dibuat untuk memberikan informasi mengenai spesifikasi
aplikasi Sistem Informasi Inventaris Asset dan Barang. Dokumen ini berisikan
informasi sebagai berikut:
- Deskripsi Umum Aplikasi
Deskripsi umum aplikasi meliputi deskripsi umum Sistem
Informasi Inventaris Asset dan Barang yang dikembangkan, fungsi utama Sistem
Informasi Inventaris Asset dan Barang yang akan diberikan kepada pengguna serta
karakteristik pengguna yang meliputi pembagian kelompok pengguna.
· Deskripsi Umum Kebutuhan Aplikasi Yang Akan
Diimplementasikan
Deskripsi umum kebutuhan aplikasi yang akan
diimplementasikan meliputi semua informasi yang bersifat teknis yang menjadi
acuan dalam pengembangan aplikasi.
Informasi dalam dokumen SKPL ini disajikan dan diorganisasikan sesuai
standard IEEE 830-1998 dengan struktur sebagai berikut :
a.
BAB
I. Berisi informasi umum yang merupakan bagian pendahuluan, yang meliputi tujuan
penulisan dokumen, lingkup masalah, definisi, istilah dan akronim, referensi,
serta deskripsi umum dokumen.
b. BAB II. Berisi deskripsi umum dari Sistesm Informasi
Inventaris Asset dan Barang yang akan dikembangkan, yang meliputi deskripsi
umum Sistem Informasi Inventaris Asset dan Barang, fungsi Sistem Informasi
Inventaris Asset dan Barang dan karakteristik pengguna.
c.
BAB
III. Berisi informasi mengenai deskripsi umum kebutuhan perangkat lunak yang
akan dikembangkan. Bagian ini meliputi informasi mengenai kebutuhan antarmuka
eksternal, deskripsi fungsional, data requirement, non functional requirement,
batasan perancangan, kerunutan (traceability) dan ringkasan kebutuhan.
2. KARAKTERISTIK PENGGUNA
Kategori
|
Tugas
|
Hak Akses ke
Aplikasi
|
Administrator
|
·
Menerima
Permohonan asset dan barang baru.
·
Mengelola data
Peminjaman barang.
·
Menerima peminjaman
asset / barang.
·
Menerima
pengembalian asset / barang.
|
·
Mempunyai hak
akses penuh terhadap data user dan aplikasi sistem informasi.
|
User (Dosen, Mahasiswa
Dan Staff)
|
·
Meminjam asset /
barang.
·
Mengembalikan
asset / barang.
·
Permohonan asset
/ barang baru.
·
Memberi masukan
dan saran
|
·
Mempunyai hak
akses sebagai pengguna aplikasi untuk
peminjaman asset.
·
Mempunyai hak
akses sebagai pengguna aplikasi untuk
pengembalian asset / barang.
·
Mempunyai hak
akses sebagai pengguna aplikasi untuk
peminjaman asset / barang.
|
Bagian IT
|
·
Melakukan pengelolaan
masukan dan saran
|
·
Mempunyai hak
akses penuh untuk pengelola masukan dan saran aplikasi.
|
3. KEBUTUHAN FUNGSIONAL
v Pendataan
user
·
User
dapat memasukan data diri: id user,nama,alamat, telephone.
·
User
dapat mencetak kartu peminjaman.
·
User
dapat menampilkan data peminjam berdasarkan kategori tertentu
v Pendataan
aset
·
User
memasukan data-data aset yang meliputi: id aset, nama aset,jumlah aset.
·
User
dapat menghitung data aset secara keseluruhan.
·
User
dapat menampilkan data aset berdasarkan kategori tertentu
·
User
dapat melakukan pengelompokan aset berdasarkan kategori tertentu.
v Transaksi
Peminjaman
·
Sistem
dapat melakukan transaksi pinjaman.
·
Sistem
dapat menampilkan tanggal kembali secara otomatis.
·
Sistem
dapat mengetahui apakah aset yang di pinjam sudah di kembalikan atau belum.
v Transaksi
Pengembalian
·
Sistem
dapat melakukan transaksi pengembalian aset.
·
User
dapat menampilkan denda yang harus dibayar.
·
User
dapat menampilkan data aset yang di pinjam.
·
Sistem
dapat menampilkan data user yang belum dan sudah mengembalikan aset.
·
Sistem
dapat menampilkan data-data aset bila peminjam menghilangkan aset yang di
pinjam.
4. KEBUTUHAN NONFUNGSIONAL
·
Operational
-
Menggunakan
os windows
-
Spek
minimal komputer pentium II
-
RAM
256
-
Harddisk
10 gb
-
printer
·
Keamanan
-
Sistem
aplikasi dan data base dilengkapi password
·
Kinerja
-
Waktu
peminjaman aset dibatasi 1 minggu.
-
Waktu
pengembalian aset dibatasi 3 hari setelah waktu yang di tentukan.
5. USE
CASE DIAGRAM
6. Data
Flow Diagram
Contex Level DFD
Level 0 DFD
Level 1 DFD
0 comments: